Ini Masih Hangat :
Selamat datang di Blogku Dududth Blog | Jangan Lupa berkunjung Ke Website Baru saya ya, ayo ayo :D jangan lupa dibaca juga loh di Bahrul.com | Dijamin gak rugi kok. Jangan lupa ya kunjungi website saya yang Bahrul.com | Thanks kaka :)

Sunday 15 April 2012

Pulau di Kota Gresik

Pulau Bawean mungkin masih asing di telinga kita, padahal sebenarnya pulau ini masih masuk dalam kabupaten Gresik, Jawa Timur.
Kata bawean diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya ada sinar matahari.
Selain itu pulau Bawean juga sering dijuluki karena banyaknya pemuda dari pulau Bawean yang pergi merantau ke luar daerah bahkan keluar negeri.
Pulau Bawean sebenarnya memang belum begitu terkenal sebagai obyek wisata yang layak untuk dikunjungi. Hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah yang kurang mendukung potensi wisata yang ada di pulau Bawean.
pulau bawean
Bila digarap dengan baik sebenarnya pulau Bawean mampu bersaing dengan obyek – obyek wisata yang sudah lebih terkenal seperti Bunaken atau Bali.
Karena pulau Bawean juga memiliki pantai pasir putih yang hangat seperti pantai Kuta. Justru lebih enak melakukan ritual berjemur di pantai pulau Bawean.
Selain karena pasirnya putihnya masih sangat bersih dan indah, kita juga tidak akan menemukan turis yang menggunakan bikini saat berjemur.
Hal ini dikarenakan nilai keagamaan di pulau Bawean masih sangat kental, sehingga jika turis tetap nekat menggunakan bikini saat berjemur, maka siap – siap untuk dicekal oleh warga setempat.
Selain pantai pasir putihnya yang menakjubkan, laut pulau Bawean juga kaya akan terumbu karang yang masih alami dengan pemandangan yang tidak kalah dengan Bunaken.
Selain menyelami keindahan bawah lautnya, kita juga menikmati keindahan pulau Gili yang berada di tengah – tengah laut di sebelah barat pulau Bawean.
Untuk mencapai pulau Gili turis bisa menyewa perahu nelayan dengan ongkos perjalanan Rp 5.000 untuk sekali penyebrangan, namun jika kita mau menyewa perahu biasa, ongkos yang dikeluarkan bisa berkali – kali lipat.
Selain dilengkapi dengan pulau Gili, pulau Bawean juga memiliki pulau Noko yang berada di sebelah tenggara pulau Bawean.
Para turis asing biasanya akan menghabiskan waktunya untuk berlama – lama menyelam di pulau Noko dan enggan untuk pulang karena air laut di pulau Noko masih alami dan belum tercemar.
Sedangkan untuk wisata daratnya, kita bisa menikmati pemandangan penggunungan yang digunakan sebagai cagar alam untuk beberapa fauna dan flora di pulau Bawean.
Dan bagi yang mempercayai mitos atau legenda masyarakat setempat, jangan lewatkan kesempatan untuk bereang di Danau Kastoba.
Konon katanya dengan berenang di Danau Kastoba kita bisa awet muda.

2 komentar:

manatap tuh gan pantai nya yang digambar...

Iya gan :)
ada lagi sebuah pulau namanya pulau mengare
coba elu search d blog ini :)

Post a Comment